IMPLEMENTASI METODE APRIORI PADA PENENTUAN PAKET PROMO PESANTREN AL-FUKAAT
Pesantren Al-Fukaat
Abstract
Pesantren Al-Fukaat(PAF) adalah salah satu pusat pembibitan buah alpokat yang ada di kabupaten nganjuk ,berdiri pada tahun 2018. Penjualan bibit pada PAF masih dilakukan seacara terpisah, sehingga pemilik merasa kesulitan dalam menentukan pasangan untuk di buat paket bundling guna dapat meningkatkan penjualan. Pada penelitian ini menggunakan tenik waterfall karena lebih mudah untuk pemula dengan tahapan pengumpulan datanya berupa wawancara secara langsung dengan pemilik PAF. Metode yang digunakan yaitu algoritma apriori untuk menganalisa permasalahan yang ada pada PAF, karena metode ini merupakan metode yang paling mudah untuk dimengerti. Hasil dari penelitian ini berupa hasil analisa dengan hasil rule yaitu {( Jika membeli Pangeran 60-70 cm maka membeli aligator 35-40 cm),(Jika membeli Pangeran 60-70 cm maka membeli Miki 35-40 cm),(Jika membeli Aligator 35-40 cm maka membeli Miki 35-40 cm),(Jika membeli Miki 35-40 cm maka membeli Aligator 35-40 cm)} dan hasil uji lift ratio menggunakan metode apriori diapatkan hasil diatas 1 dimana hasil uji nya valid dengan korelasi positif. Dari hasil analisa tersebut menunjukan hasil bahwa pada penjualan bulan berikutnya mengalami peningkatan omset penjualan yang didapatkan dari hasil pembentukan paket promo pada bulan sebelumnya, dengan demikian implementasi algoritma apriori sudah tepat dalam membantu pemilik PAF dalam menentukan paket promo.