HUBUNGAN FAKTOR – FAKTOR SISTEM MANAJEMEN TERHADAP KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN KUCING RAS (CATTERY) DIWILAYAH SURABAYA, SIDOARJO DAN GRESIK MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS)

  • Ratna Widyawati FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kelayakan usaha cattery di wilayah Surabaya, sidoarjo dan Gresik dengan melihat faktor- faktor dari sistem manajemen yang mempengaruhi kelayakan suatu usaha cattery. sistem manajemen meliputi perencanaan, sumber daya manusia (SDM), sistem perkandangan dan sistem pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Prosedur pengambilan data dilakukan melalui pengamatan langsung dan wawancara. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. masing - masing indikator dari sistem manajemen berupa kuesioner diukur dengan skor antara 1-5 berdasarkan kriteria. Nilai skor dari masing - masing indikator selanjutnya dianalisis untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang menyebabkan kelayakan dari usaha peternakan kucing (cattery) tersebut dengan MDS berdasarkan hasil layak atau tidaknya usaha cattery yang dihitung menggunakan rumus. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua cattery yang dinyatakan layak usahanya yaitu di wilayah Surabaya dan ada dua cattery yang dinyatakan belum layak usahanya yaitu di wilayah Sidoarjo dan Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-30
How to Cite
WIDYAWATI, Ratna. HUBUNGAN FAKTOR – FAKTOR SISTEM MANAJEMEN TERHADAP KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN KUCING RAS (CATTERY) DIWILAYAH SURABAYA, SIDOARJO DAN GRESIK MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS). Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-20, mar. 2020. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/939>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v5i1.939.