Strategi Pengembangan Peternakan Sapi Perah UD. Saputra Jaya Menggunakan Metode Business Model Canvas
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan peternakan sapi perah UD. Saputra Jaya menggunakan metode Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi didasarkan pada metode purposive. Jumlah informan sebanyak 5 orang yang berwenang di UD. Saputra Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan peternakan sapi perah UD. Saputra Jaya dari Sembilan komponen BMC yaitu : 1) Key Partner, penambahan kemitraan dengan peternak Kecamatan Brangkal. 2) Key Activities yaitu pembuatan pupuk kompos dari limbah feses sapi. 3) Value Proposition yaitu memberi edukasi kepada peternak yang mempengaruhi kualitas. 4) Customer Relationship, penambahan SDM berkualitas di bidang IT sebagai pengelola aplikasi promosi. 5) Customer Segment tidak terdapat penambahan. 6) Key Resource pembuatan pabrik pakan baru. 7) Elemen Channels yaitu melalui akun sosial media Instagram dan facebook. 8) Cost Structure yaitu biaya pembangunan untuk pembangunan pabrik pakan baru. 9) Revenue Streams yaitu pengolahan pupuk kompos dan pembuatan pabrik pakan baru.
References
Arasy, M. H. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Kelompok Wanita Tani (Kwt) Sri Rejeki Di Desa Ranuklindungan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Jember.
Asmara, A., Purnamadewi, Y. L., & Lubis, D. (2016). Keragaan Produksi Susu Dan Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 13(1), 14–25.
Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11.
Hanshaw, Natasha; Osterwalder, A. (2015). The Business Model Canvas. Viitattu, 94105.
Kumarawati, N. M. R., Suparta, G., & Yasa, P. N. S. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Dan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 4(2), 63–75.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4 (1), 59–75.
Putri, L. S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Ekstrak Jahe Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Jember Green Herbalist Sumbersari-Jember. Doctoral Dissertatiion, Politeknik Negeri Jember.
Saputro, M. F. E., & Tamami, N. D. B. (2022). Strategi pengembangan usaha ternak Sapi Madura berdasarkan business model canvas. Agriscience, 3(2), 499–519.
University, S. (2022). Pengertian Penelitian Eksploratif. Centre for Research and Community Service.
Viali, A. F., Rifin, A., & Saptono, I. T. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Cargo PT. Garuda Indonesia, Tbk dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 474–485.
Wahyono, N. D., Hasanah, N., Parmawati, R., & Wong, W. K. (2023). Improving Economic Welfare through Capital Development: Case Study of Smallholder Dairy Farmers in Pujon District. Sustainability (Switzerland), 15(11), 1–13.
Wahyuni, S. (2021). Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses …, 1(2), 81–86.
Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS : Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis, 9(79), 52–65

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.