PENYULUHAN PERBAIKAN MANAJEMEN AYAM PETELUR YANG DIINSEMINASI BUATAN DI KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PETERNAK YANG TANGGUH

  • Nining Haryuni Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Anna Lidyawati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai dengan Pebruari 2018. Kegiatan ditujukan kepada peternak ayam petelur yang diinseminasi buatan di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dan fertilitas telur tetas yang dihasilkan. Metode pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh mitra pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan perencanaan strategis yang mengacu pada analisis SWOT. Secara umum kondisi mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peternak rakyat dengan kepemilikan rata-rata sekitar 2000 – 3000 ekor ayam. Upaya yang dilakukan mitra untuk meningkatkan daya jual produk yang dihasilkan yaitu bekerjasama dengan pihak penetas untuk menghasilkan telur tetas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan kepada peternak dalam hal prospek kedepan bisnis telur tetas, managemen pakan, managemen pemeliharaan dan lain-lain. Dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya kegiatan inseminasi buatan yaitu adanya penurunan produksi telur dapat di atasi dengan adanya perbaikan managemen, baik managemen pakan maupun managemen pemeliharaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
HARYUNI, Nining; LIDYAWATI, Anna. PENYULUHAN PERBAIKAN MANAJEMEN AYAM PETELUR YANG DIINSEMINASI BUATAN DI KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PETERNAK YANG TANGGUH. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 52-57, may 2019. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/469>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v4i1.469.