Analisis Saluran Pemasaran Sapi Potong Di Kecamatan Lolong Guba Kabupaten Buru
Abstract
Saluran pemasaran merupakan elemen yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran sapi potong mulai dari peternak hingga ke konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran sapi potong di Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru. Penelitian menggunakan metode survei, sampel dipilih secara purpusive sampling untuk peternak maupun pedagang. Penelitian berlangsung pada bulan Februari hingga Maret 2023. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui saluran pemasaran, analisis margin pemasaran dan farmer’s share untuk mengetahui tingkat efisiensi setiap saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran sapi potong di Kecamatan Lolong Guba, sebanyak 83 % peternak menggunakan saluran pemasaran I. Margin pemasaran berkisar antara Rp. 387.500 sampai dengan Rp. 1.162.500,- Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran II dengan nilai farmer’s share sebesar 90,04 %.
References
Agustin, M., & Hayati, M. (2020). Pemasaran sapi potong di desa lobuk kabupaten sumenep. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 14-21.
Dinas Pertanian Kab. Buru. (2022). Laporan Tahunan Bidang Peternakan. Dinas Pertanian Kabupaten Buru, Namlea.
Fuad, M. S., Masithoh, S., & Nahraeni, W. (2018). Persepsi peternak dan pola pemasaran sapi potong. Jurnal Agribisains, 4(1), 44-55.
Ibrahim, I., Supamri, S., & Zainal, Z. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan peternak rakyat sapi potong di Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 13(3), 307-315.
Indrayani, I., & Andri, A. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha ternak sapi potong di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 20(3), 151-159.
Koesmara, H., Nurtini, S., & Budisatria, I. G. S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran sapi potong dan daging sapi di Kabupaten Aceh Besar. Buletin Peternakan, 39(1), 57-63.
Lasaharu, N. A., Nibras, K. L., & Boekoesoe, Y. (2020). Analisis pemasaran sapi potong. Jambura Journal of Animal Science, 2(2), 62-75.
https://doi.org/10.35900/jjas.v2i2.5092.
Merweer, D., Jesajas, H., & Matatula, M. J. (2022). Analisis Saluran Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. JAGO TOLIS: Jurnal Agrokompleks Tolis, 2(1), 9-13.
Munadi, L., Aka, R., Ali, R., & Pagala, M. A. (2021). Marketing Analysis Of Beef Cattle In Landono And Mowila Subdistricts Of South Konawe Regency. International Journal of Science, Technology & Management, 2(3), 747-754.
Ningsih, U. W., Hartono, B., & Nugroho, E. (2017). Analisis pemasaran sapi potong melalui analisis marjin, transmisi harga, struktur pemasaran, perilaku pemasaran dan kinerja pemasaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 27(1), 1-11.
Prasetyo, D., Sari, A. I., Emawati, S., Rahayu, E. T., & Purnomo, S. H. (2015). Analisis pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan, 13(2), 65-72.
Roessali, W.B., Edy, B.T., & Marzuki, S. (2013). Identifikasi Adopsi Pada peternak Sapi Perah di Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner, Medan 3 – 5 September 2013. IAARD Press, Jakarta.
Sandiah, N., Sani, L. O. A., Munadi, L. O., & Ernia. (2021). Analisis Pemasaran Sapi Bali Di Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat. Jurnal Bisnis Tani, 7(1), 44-53.
Sudiyono, A. (2002). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang-Press. Malang.
Sumantri, J., Kusumastuti, T. A., & Widiati, R. (2013). Pemasaran ternak sapi potong di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Buletin Peternakan, 37(1), 49-58.
Weydekamp, J., Lumi, T. D., Endoh, E. K., & Oroh, F. N. (2019). Pola Pemasaran Sapi Potong Jenis Peranakan Ongole di Pasar Blantik Kawangkoan (Studi Kasus). Zootec, 39(2), 435-443.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.