Karakterisasi Fenotipe Dan Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Kambing Jawarandu Di Pedagang Ternak Kota Samarinda Kalimantan Timur

  • Surya Nur Rahmatullah Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
  • W Maulana Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
  • M Siddiq Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
  • M.I Haris Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
  • Ibrahim Ibrahim Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
  • A. Sulaiman Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

            Pedagang ternak dalam penjualan kambing secara umum menggunakan sifat kualitatif dan kuantitatif ternak dalam menentukan harga ketika proses jual beli ternak.  Sifat tersebut mempengaruhi performans yang berkaitan dengan kemampuan produksi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenotipe dan faktor yang mempengaruhi perdagangan kambing Jawarandu  yang dipelihara dan dipasarkan oleh pedagang ternak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.  Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020 -  Maret 2021 di pedagang ternak Kota Samarinda. Penelitian menggunakan kambing Jawarandu jantan  umur 8 sampai 24 bulan.  Metode penelitian dan analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif analisis dan analisis keragaman.  Hasil penelitian ini diperoleh rataan sifat kuantitatif kambing Jawarandu di kota Samarinda diperoleh nilai rataan dan SD dari Panjang badan, Lingkar dada dan Tinggi pundak (cm) secara berurutan yaitu  63,16±6,14; 70,87±6,48; 69,20±6,24. Keragaman sifat kualitatif kambing Jawarandu di kota Samarinda memiliki warna bulu dominan ditemukan yaitu campuran coklat putih (34,69%). Profil muka kambing yang dominan ditemukan yaitu cembung 100%, dengan bentuk telinga menjuntai ke bawah dan tidak terlipat 100%. Faktor yang berpengaruh terhadap aktivitas perdagangan kambing Jawarandu di Kota Samarinda dipengaruhi oleh jenis bangsa kambing, jenis kelamin, umur kambing, asal kambing, dan berdasarkan biaya (cost-based pricing).  Faktor dalam penetapan harga dengan berdasarkan performans akan mampu menambahkan harga jual untuk mendapatkan keuntungan ataupun pendapatan serta mampu menutupi biaya produksi dari pedagang ternak.

Published
2022-03-21
How to Cite
RAHMATULLAH, Surya Nur et al. Karakterisasi Fenotipe Dan Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Kambing Jawarandu Di Pedagang Ternak Kota Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 39-47, mar. 2022. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/2339>. Date accessed: 21 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v7i1.2339.