Identifikasi Jenis Ektoparasit Pada Ayam Petelur (Gallus Gallus) (Studi Kasus Milik Peternakan Rakyat Di Desa Gadingkulon Kabupaten Malang)

  • Nonok Supartini Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Hadrianus Sewasai Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Farida Kusuma Astuti Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Abstract

Jenis ektoparasit yang tinggi dapat mengakibatkan kematian pada ternak ayam. Kurangnya penelitian mengenai ektoparasit membuat informasi jenis ektoparasit yang menyerang ayam serta dampak ektoparasit terhadap ternak maupun peternak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui jenis ektoparasit yang terindentifikasi pada ayam petelur dan afkir. (2) Untuk mengetahui bagaimana cara menangani ektoparasit yang teridentifikasi pada ayam petelur dan afkir di peternakan rakyat dI Desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dipilah dalam bentuk presentase dengan cara mengelompokkan kutu yang dikoleksi berdasarkan genus, bagian tubuh inang. Selanjutnya dibuat dalam bentuk presentase dominasi dan presentase sebaran kutu pada ayam. Hasil penelitian menunjukan bahwa 100% ayam terinfeksi ektoparasit. Pada ayam produksi ditemukan 4 spesies kelompok kutu yaitu Menopon gallinae, Goniocotes gallinae, Goniodes, Lipeurus caponi. sedangkan pada ayam afkir ditemukan 4 spesies kelompok kutu yaitu Menopon gallinae, Goniocotes gallinae, Goniodes, Lipeurus caponis. Jumlah ektoparasit yang teridentifikasi pada ayam produksi lebih sedikit dibandingkan dengan ektoparasit yang ditemukan pada ayam afkir. pada ayam produksi jumlah keseluruhan ektoparasit yang teridentifiksiĀ  di Desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jawa Timur yaitu 352 genus. Sedangkan pada ayam afkir jumlah keseluruhan ektoparasit yang teridentifikasi yaitu 357 genus.

Published
2021-10-13
How to Cite
SUPARTINI, Nonok; SEWASAI, Hadrianus; ASTUTI, Farida Kusuma. Identifikasi Jenis Ektoparasit Pada Ayam Petelur (Gallus Gallus) (Studi Kasus Milik Peternakan Rakyat Di Desa Gadingkulon Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 106-111, oct. 2021. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/2072>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v6i2.2072.