PENGARUH PERBEDAAN SUHU KANDANG SERTA PENAMBAHAN LARUTAN ELEKTROLIT BERBAHAN DASAR AIR KELAPA TERHADAP PERFORMA AYAM PEDAGING

  • Efi Rokhana
  • Abdullah Khusbana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu kandang serta penambahan larutan elektrolit berbahan dasar air kelapa terhadap performa ayam pedaging. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengaruh perbedaan suhu kandang serta penambahan air kelapa terhadap performa ayam  pedaging. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tawangrejo Wonodadi Blitar pada tanggal 03 Januari – 03 Pebruari 2018. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam pedaging umur 1 hari strain Cobb berjumlah 80 ekor. Pakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pakan lengkap (complete feed). Vitamin yang digunakan dalam penelitian ini adalah vitamin anti stress. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan dengan menggunakan uji t test tidak berpasangan. Variabel yang diamati meliputi konsumsi pakan, pertambahan berat badan, dan konversi pakan. Perlakuan yang diberikan adalah perlakuan kandang A dengan suhu 27-290C tanpa diberi air kelapa dan kandang B dengan suhu 30-330C diberi air kelapa (100 ml). Pemberian air kelapa dilakukan pada pagi hari sampai sore. Hasil uji t menunjukan bahwa perlakuan pada kandang A dan kandang B  memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap performa ayam pedaging, meliputi: konsumsi pakan, pertambahan berat badan, dan konversi pakan. Kesimpulan penelitian ini adalah Penambahan larutan elektrolit berbahan dasar air kelapa dapat memperbaiki konversi pakan / menurunkan FCR dibandingkan tanpa penggunaan elektrolit. Saran dari penelitian ini perlu adanya penelitian lebih lanjut yaitu dengan ditambahkan larutan elektrolit berbahan dasar air kelapa dengan dosis yang ditigkatkan pada kondisi suhu kandang yang panas untuk mendapatkan performa ayam perdaging yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-24
How to Cite
ROKHANA, Efi; KHUSBANA, Abdullah. PENGARUH PERBEDAAN SUHU KANDANG SERTA PENAMBAHAN LARUTAN ELEKTROLIT BERBAHAN DASAR AIR KELAPA TERHADAP PERFORMA AYAM PEDAGING. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 45-50, july 2018. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/175>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v3i1.175.