ANALISIS EKONOMI USAHA BERBASIS PERBANDINGAN PADA USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER DENGAN AYAM PEJANTAN LAYER DI KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI

  • Ahsin Daroini
  • Yan Ariefianto

Abstract

Keberlanjutan  usaha  peternakan  baik ayam broiler ataupun ayam pejantan layer sangat ditentukan  oleh  pengetahuan  peternak tentang aspek-aspek kelayakan usaha. Suatu usaha dikatakan layak jika memenuhi syarat-syarat seperti layak pasar dan pemasaran, layak teknis, dan layak finansial.  Berdasarkan ketiga aspek tersebut, aspek finansial merupakan aspek paling utama yang  harus  diperhatikan.


Penelitian ini  dilaksanakan di Peternak Ayam Broiler Pola Kemitraan dan Peternak Ayam Pejantan Layer, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Metode analisis perbandingan antara penerimaan dengan biaya untuk menentukan usaha ternak ayam broiler dan ayam pejantan layer tersebut layak atau tidak untuk dikembangkan dengan menggunakan analisis R/C (Return Cost Ratio), Rentabilitas dan Uji t.


Analisis Ekonomi Usaha berbasis perbandingan pada usaha peternakan ayam broiler dan ayam pejantan layer di Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri tergolong layak. Hal ini terbukti karena nilai R/C>1 sehingga dapat dikatakan layak. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t nilai R/C t-hitung -1,039 < t-tabel 5% (2,262). Sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peternakan ayam broiler dengan ayam pejantan layer. Sedangkan perhitungan statistik uji-t nilai Rentabilitas t-hitung -0,9416 < t-tabel 5% (2,262). Sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peternakan ayam broiler dengan ayam pejantan layer

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-24
How to Cite
DAROINI, Ahsin; ARIEFIANTO, Yan. ANALISIS EKONOMI USAHA BERBASIS PERBANDINGAN PADA USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER DENGAN AYAM PEJANTAN LAYER DI KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 36-44, july 2018. ISSN 2598-6325. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/174>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.32503/fillia.v3i1.174.