Analisis Pemasaran Sapi Bali Pada Kelompok Ternak Tinombala di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran Sapi Bali di Kelompok Ternak Tinombala Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Ternak Tinombala Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah responden sebanyak 14 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan survei dan pengamatan yang dilakukan, serta dengan menghitung share margin untuk setiap saluran pemasaran. Saluran pemasaran ternak sapi bali kelompok ternak Tinombala ada 2 yaitu: Saluran I yaitu Peternak ke Konsumen dan Saluran II yaitu Peternak ke Pengumpul dan ke Konsumen, Margin pemasaran ternak Sapi Bali pada pedagang pengumpul sebesar Rp. 3.000.000 sedangkan pada konsumen tidak terdapat margin pemasaran sedangkan Farmer’s share pada pedagang pengumpul sebesar 78,57% dan konsumen sebesar 100%.