Evaluasi Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai Panda Tulungagung)

  • Eni Srihastuti Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Perusahaan Kacang Shanghai Panda Tulungagung adalah perusahaan yang bergerak di bidang makanan ringan. Tujuan yang hendak dicapai dengan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi lebih jauh mengenai “penerapan metode penyusutan aktiva tetap sesuai dan pengaruhnya terhadap laba perusahaan”.
Aktiva tetap dalam penyajiannya, membebankan biaya penyusutan yang dimiliki secara konsisten pada setiap periode dengan menggunakan metode yang dianggap sesuai untuk diterapkan. Metode penyusutan yang digunakan harus sesuai dengan standarakuntansikeuangandanteoriakuntansi yang berlakuumum yaitu metode garis lurus, metode saldo menurun, dan metode jumlah unit.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa data gambaran umum perusahaan dan struktur organisasi. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa daftar aktiva tetap, daftar nilai perolehan aktiva tetap, daftar umur ekonomis aktiva tetap, neraca dan laporan laba rugi tahun 2011. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah metode garis lurus.
Dari hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perhitungan penyusutan aktiva tetap menurut perusahaan dengan yang sebenarnya. Perbedaan tersebut mengakibatkan penyajian neraca dan laporan laba rugi juga berbeda serta berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan sebesar Rp 345.004.228. Menurut laporan laba rugi sebenarnya pada metode garis lurus tercatat laba bersih sebesar Rp306.588.488.

Published
2019-12-28
How to Cite
SRIHASTUTI, Eni. Evaluasi Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai Panda Tulungagung). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, dec. 2019. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/706>. Date accessed: 01 mar. 2021.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times