PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
(Studi Kasus pada Perusahaan Industri Manufaktur Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2015)
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA, ROE dan EPS terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini memilih perusahaan industri manufaktur consumer goods sebagai sampel penelitian. Sehingga dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder tersebut berupa laporan tahunan. Data – data tersebut diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah kelompok industri manufaktur consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2015. Pemilihan sampel penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling.
Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan dan pengungkapan good corporate governance juga berpengaruh terhadap hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan.
This study is intended to examine the effect of financial performance proxyed by ROA, ROE and EPS on corporate value with the disclosure of Corporate Social Responsibility ang Good Corporate Governance which is proxied with managerial ownership as moderating variable. In this study choose the consumer goods manufacturing industry companies as research samples. So in this study using secondary data. The secondary data is in the form of annual report. These data are obtained from the Indonesia Stock Exchange. The population of this study is a group of consumer goods manufacturing industries listed on the Indonesia Stock Exchange year 2014 – 2015. Selection of this research sample is based on the method of purposive sampling.
The results of hypothesis testing in this study indicate that disclosure of corporate social responsibility affects the relationship of financial performance with corporate value and disclosure of good corporate governance also affects the relationship of financial performance with firm value.