ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN ANGGARAN PRODUKSI DAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI GUNA PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun anggaran penjualan sebagai dasar penentuan anggaran produksi dan anggaran biaya produksi guna pengendalian biaya produksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada LH Baby Kediri dapat disimpulkan bahwa penyusunan anggaran penjualan kasur bayi oleh peneliti lebih besar dibandingkan dengan realisasinya. Penyusunan anggaran produksi kasur bayi lebih besar dibandingkan dengan realisasinya. Penyusunan anggaran biaya produksi digunakan untuk memudahkan dalam memperkirakan jumlah biaya produksi yang akan dikeluarkan perusahaan sehingga biaya produksi yang dikeluarkan dapat terkendalikan. Penyusunan anggaran biaya produksi produk KBLK terjadi selisih yang tidak menguntungkan sehingga biaya produksi yang dikeluarkan belum terkendali. Sedangkan produk KBNK dan KBFK terjadi selisih yang menguntungkan sehingga biaya produksi yang dikeluarkan terkendali.
Kata Kunci: Anggaran penjualan, Anggaran produksi, Anggaran Biaya Produksi