PENGGUNAAN ACTIVITY BASED COSTING DAN CUSTOMER LIFETIME VALUES GUNA PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIK PROFITABILITAS PELANGGAN

  • Frengki Tri Cahyono Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kadiri
  • Agus Athori
  • Fauziyah Fauziyah

Abstract

Perusahaan haruslah menghitung biaya secara rinci terhadap biaya pelanggan, sehingga biaya dikeluarkan terhadap pelanggan dapat sebanding dengan keuntungan yang didapatkanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Activity Based Costing dan Customer Lifetime Value guna pengambilan keputusan strategik profitabilitas pelanggan.


Penelitian ini adalah penelitian deskripstif kuantitatif pada Nobby Hijab Kediri & Blitar. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa dokumentasi, wawancara. Teknik Analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa biaya activity based costing Nobby Hijab Kediri memiliki biaya yang terendah daripada Nobby Hijab Blitar dengan biaya pertransaksi sebesar Rp.194.935/transaksi. Sedangkan perhitungan Customer Lifetime Value pada toko Nobby Hijab Kediri memiliki nilai lebih tinggi daripada Nobby Hijab Blitar dengan nilai Rp.732,583,000. Penerapan Activity Based Costing dan Customer Lifetime Value dalam menentukan customers profitabilitas analisis diketahui bahwasanya pelanggan yang lebih baik adalah pelanggan yang berada pada Nooby Hijab Kediri dengan profitablitas pelanggan sebesar Rp.665,984,545, sedangkan pelanggan segmen passive yang menguntungkan pada toko Nobby Hijab Kediri sebanyak 56 orang dan pada toko Nobby Hijab Blitar sebanyak 66 orang.

Published
2024-06-22
How to Cite
CAHYONO, Frengki Tri; ATHORI, Agus; FAUZIYAH, Fauziyah. PENGGUNAAN ACTIVITY BASED COSTING DAN CUSTOMER LIFETIME VALUES GUNA PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIK PROFITABILITAS PELANGGAN. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 84-100, june 2024. ISSN 2338-3593. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/4149>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekiaakuntansi.v8i3.4149.
Section
Articles