ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI GUNA MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan biaya tidak yang tidak dipakai saat proses produksi, sehingga dengan adanya metode biaya deferensial Milana Konveksi Kediri bisa memilih apakah bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi membeli dari luar atau memilih untuk membuat sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Milana Konveksi Kediri. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan melakukan penghimpunan daftar biaya produksi, melakukan perbandingan biaya pembelian, menghitung laba, dan yang terakhir melakukan interpretasi. Hasil dari penelitian ini yaitu biaya produksi kaos sablon jika membuat sendiri lebih kecil daripada membeli dari luar. Biaya produksi yang dikeluarkan jika membeli dari luar Milana konveksin yaitu Rp. 13.000 per kaos. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menyablonkan kaos sendiri, perusahaan mampu menghemat biaya. Dengan begitu perusahaan akan lebih tepat apabila menyablon kaos sendiri.