PENGARUH PAJAK REKLAME TERHADAP LAPORAN KEUANGAN FISKAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Mitra Java Multimedia)
Abstract
ABSTRACT
PT Mitra Java Multimedia or better known as JAVAVISION located in Kediri. Javavision was established in 2011 which is located at JL Kawi Ruko Mojoroto Indah No 6 Kediri. This company is a company engaged in the field of multimedia services, especially broadcasting (broadcast television redistribution) and internet access.
The purpose of this study is to determine the effect of advertisement tax on Corporate Fiscal Report At PT. Java Multimedia Partner. The method used in this research is to use descriptive statistical analysis technique. Descriptive statistical analysis is done by using statistical techniques, As for the process of data processing, this study using SPSS software for Windows version 23.
Based on the results obtained, PT Mitra Java Multimedia has a advertisement tax burden of Rp 7,200,000 in 2014, Rp4,500,000 in 2015 and Rp 3,600,000 in 2016. This decrease is due to changes in promotions in the form of billboards and signage PT Mitra Java Multimedia to switch to Promotion that is tax free especially to online media. The SPSS result also shows the profit and tax ratio is 7.5%
Based on the above description, then the suggestion from the author is that PT Mitra Java Multimedia is advised to further utilize other media that are tax free in doing promotion like internet media and others.
ABSTRAK
PT Mitra Java Multimedia atau yang lebih dikenal dengan nama JAVAVISION yang berada di Kediri. Javavision berdiri sejak tahun 2011 yang beralamat di JL Kawi Ruko Mojoroto Indah No 6 Kediri. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa multimedia, khususnya broadcasting (redistribusi siaran Televisi) dan akses internet.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak reklame terhadap Laporan Fiskal Perusahaan Pada PT. Mitra Java Multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis statistik deskriptif tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik statistika, Adapun dalam proses pengolahan data, penelitian ini menggunakan software SPSS for Windows versi 23.
Berdasarkan hasil yang telah diperoleh PT Mitra Java Multimedia memiliki beban pajak reklame sebesar Rp 7,200,000 pada tahun 2014, Rp4,500,000 pada tahun 2015 dan Rp 3,600,000 pada tahun 2016. Penurunan ini disebabkan perubahan promosi dalam bentuk baliho dan papan nama PT Mitra Java Multimedia beralih ke promosi yang bebas pajak terutama ke media online. Hasil SPSS juga menunjukkan rasio laba dan pajak adalah 7.5%
Berdasarkan uraian di atas, maka saran dari penulis adalah agar PT Mitra Java Multimedia disarankan untuk lebih memanfaatkan media lain yang bebas pajak dalam melakukan promosinya seperti media internet dan lain-lain.