ANALISIS MARGIN KONTRIBUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN LABA KOTOR PADA DIVISI PRODUK YANG ADA DI PT. INTI KOKOH MAKMUR SEHATI (TOP BANGUNAN) KEDIRI TAHUN 2014-2016
Abstract
ABSTRACT
Influence of Contribution Margin (CM) to the achievement of gross profit at PT. IKMS aims to determine the contribution margin of each product division and its effect on the company's gross profit. Analysis technique used is calculate CM and CM ratio. Statistical tool used is multiple correlation test and multiple linear regression with F test and T test (SPSS 16.0). The result of correlation between variables showed a positive relationship. The coefficient of determination of free variables shows 100% figure affects the dependent variable (gross profit). F test results show that all product division contribution margin simultaneously have a positive effect on gross profit. In the T test there are 12 product divisions that partially have a significant positive effect on gross profit, 5 other product divisions are influential but not significantly. In the Beta column (T test) ceramic division shows the highest number (0.419), it means that the contribution margin of ceramic division is the most influential variable that influences the gross profit.
ABSTRAK
Pengaruh Margin Kontribusi (MK) terhadap pencapaian laba kotor pada PT. IKMS bertujuan untuk mengetahui besarnya margin kontribusi masing-masing divisi produk dan pengaruhnya terhadap laba kotor perusahaan. Teknik analisa yang digunakan adalah menghitung MK dan rasio MK. Alat statistik yang digunakan adalah uji korelasi dan regresi linier berganda dengan uji F dan uji T (SPSS 16.0). Hasilnya korelasi antar variabel menunjukkan hubungan yang positif. Koefisien determinasi variabel bebas menunjukkan angka 100% mempengaruhi variabel terikatnya (laba kotor). Hasil uji F menunjukkan semua margin kontribusi divisi produk secara simultan berpengaruh positif terhadap laba kotor. Dalam uji T terdapat 12 divisi produk yang secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap laba kotor, 5 divisi produk lainnya berpengaruh tetapi tidak secara signifikan. Dalam kolom Beta (uji T) divisi keramik menunjukkan angka tertinggi (0,419) artinya margin kontribusi divisi keramik adalah variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap laba kotor.