Analisis Break Even Point Sebagai Dasar Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Dan Perencanaan Laba (Studi Kasus pada Pabrik Rokok Semanggi Mas Tulungagung)

  • Faizal Akbar Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri
  • Beby Hilda Agustin Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri
  • Dewi Wungkus Antasari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri

Abstract

Abstrak


Penelitian yang dilakukan di Pabrik Rokok Semanggi Mas Tulungagung ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan analisis Break Even Point sebagai dasar dalam menyusun anggaran penjualan dan perencanaan laba. Permasalahan dalam penelitian ini adalah besarnya realisasi penjualan belum sesuai dengan anggaran penjualan yang telah ditetapkan. Variabel dalam penelitia ini berupa break even point, anggaran penjuakan dan perencanaan laba mengenai 2 produk rokok Semanggi Mas yang paling laku dipasaran yaitu Rokok Roy Mild dan Rokok Bio Mild.


Jenis penlitian ini termasuk dalam pendekatan deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis dengan memisahkan biaya semi variabel, Analisis Break Event Point, Analisis Margin of Safety, Ratio Contribution Margin dan analisis penjualan minimal. Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh bahwa perencanaan laba kedua produk tersebut juga kurang maksimal, artinya kedua jenis produk tersebut masih rawan untuk mengalami tingkat kerugian khususnya untuk produk rokok Bio Mild. Penerapan analisis Break Even Point secara keseluruhan belum mampu memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai langkah menyusun anggaran penjualan pada periode tahun 2019 dan tahun berikutnya, hal ini terlihat dari pencapaian penjualan produk rokok khususnya Bio mild yang berada di bawah Realisasi penjualan tahun 2019.


Kata Kunci : Break Event Point, Anggaran Penjualan, Perencanaan Laba.


 


Abstract


This research, which was conducted at the Semanggi Mas Cigarette Factory, Tulungagung, aims to determine the calculation of Break Even Point analysis as a basis for preparing sales budgets and profit planning. The problem in this research is the amount of sales realization is not in accordance with the sales budget that has been set. The variables in this study are break even points, sales budget and profit planning regarding the 2 most selling Semanggi Mas cigarettes in the market, namely Roy Mild Cigarettes and Bio Mild Cigarettes. This type of research is included in the quantitative descriptive approach, while the data collection techniques used in this research are through interviews, observation and documentation. Analysis technique by separating semi-variable costs, Break Event Point Analysis, Margin of Safety Analysis, Contribution Margin Ratio and minimal sales analysis. The results of the analysis and discussion that have been carried out show that the profit planning of the two products is also less than optimal, meaning that both types of products are still prone to experiencing losses, especially for Bio Mild cigarette products. The application of the Break Even Point analysis as a whole has not been able to provide an overview to the company regarding the steps to prepare a sales budget for the period 2019 and the following year, this can be seen from the achievement of sales of cigarette products, especially Bio mild which is below the sales realization in 2019.


Keywords: Break Event Point, Sales Budget, Profit Planning.

Published
2022-08-18
How to Cite
AKBAR, Faizal; AGUSTIN, Beby Hilda; ANTASARI, Dewi Wungkus. Analisis Break Even Point Sebagai Dasar Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Dan Perencanaan Laba (Studi Kasus pada Pabrik Rokok Semanggi Mas Tulungagung). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 42-56, aug. 2022. ISSN 2338-3593. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/2816>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/cendekiaakuntansi.v7i3.2816.
Section
Articles