The Role Of Social Capital In Increasing The Firm Performance
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran modal social dalam meningkatkan kinerja perusajaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji variabel yang dihipotesiskan. Spss digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah industry pertambangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Studi ini berkontribusi terhadap agensi teori dan teori stakeholder yang membahas konflik kepentingan antara shareholder, stakeholder dan manajemen perusahaan.
Kata Kunci: Modal Sosial, Kinerja Perusahaan, agency theory and stakeholder theory.
ABSTRACT
Examining the role of social capital in increasing the firm performance is the aim of this current study. This research uses quantitative approach with explanatory research type. SPSS is the tool of analysis which is used in this research. The research sample is the mining industry which was listed in the Bursa Efek Indonesia (BEI) and the sample is selected using purposive sampling method. The result shows that social capital could increase the firm performance. This study contribute to the agency theory and stakeholder theory which discuss the conflict of interest between shareholder, stakeholder and firm management.
Keywords: Social Capital, Firm Performance, agency and stakeholder theory