Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesi Guruuntuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Al-Huda Grogol Kediri

  • Kiki Nawaki Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Deby Santyo Rusandy Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Mutu pendidikan masih menjadi persoalan utama dalam bidang pendidikan di Indonesia. Upaya ataupun cara peningkatan mutu pendidikan di Indonesia bisa dilakukan dengan cara memotivasi anak dengan bahasa yang komunikatif, peserta didik harus tekun belajar, metode pengajaran diubah sehingga proses pembelajaran tidak monoton mengakibatkan peserta didik jadi bosan di kelas. Dengan demikian kepala sekolah harus mempunyai strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di SMK Al-Huda Grogol Kediri tersebut. Peneliti memilih lembaga pendidikan ini dikarenakan : (1) Peneliti ingin mengetahui bahwasannya strategi guru yang profesional dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut, (2) Kurangnya sarana dan prasarana yang belom mendukung adanya peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan dari latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti masalah tersebut dengan judul “Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK AL-HUDA Grogol Kediri”. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda?, Bagaimana kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda?, dan Bagaimana model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda?. Metode penelitian dalam peelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan segala prosedur dan metode pengumpulan serta pengolahan datanya.


Hasil penelitian ini adalah: pertama Langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda Grogol Kediri terbagi ke dalam dua kegiatan strategi, yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, baik yg dilakukan lembaga sekolah itu sendiri maupun oleh lembaga pendidikan/pelatihan, karena tuntutan pekerjaan untuk saat ini atau masa datang seperti: diikutkan kursus, pelatihan guru, seminar dan program MGMP. dan strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya seperti: Kedisiplinan, diskusi dan memberi motivasi., kedua Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda Grogol Kediri kendala–kendalanya antara lain: kurang atau keterbatasan penguasaan IT di sekolah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru-guru., ketiga Model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Huda Grogol Kediri salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program in service training  atau In service training karena program In service training dapat memotivasi guru untuk meningkatkan profesionalismenya secara kontinu pengetahuan, ketrampilan-ketrampilan dan sikap-sikap para guru dan tenaga-tenaga kependidikan.

Published
2022-04-28
How to Cite
NAWAKI, Kiki; SANTYO RUSANDY, Deby. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesi Guruuntuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Al-Huda Grogol Kediri. Otonomi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 200-210, apr. 2022. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2440>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2440.
Section
Articles