Strategi Pengembangan Produk Kimia

  • Bimo Yudhi Prasetyo Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Ahsin Daroini Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pengembangan produk kimia di CV. Surya Kimia Kediri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dan QSMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor-faktor yang mempengaruhi ditinjau dari IFE dan EFE pada pengembangan produk kimia di CV. Surya Kimia Kediri adalah menguatkan strategi usaha yang dibutuhkan oleh karyawan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi lemahnya pengembangan produk kimia di CV. Surya Kimia Kediri yaitu ketersediaan sarana prasarana dan media penunjang belum memadai. 2) Strategi dalam pengembangan produk kimia di CV. Surya Kimia Kediri adalah a) memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan produk, termasuk untuk menambah pengetahuan dan untuk sarana promosi dan pemasaran, b) mengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk melakukan usaha, c) melakukan diversifikasi untuk mempertahankan dan mengembangkan produk, d) memanfaatkan dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mengembangkan kegiatan, promosi dan pemasaran.

Published
2022-04-28
How to Cite
PRASETYO, Bimo Yudhi; DAROINI, Ahsin. Strategi Pengembangan Produk Kimia. Otonomi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 138-149, apr. 2022. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2434>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2434.
Section
Articles