Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning Berdasarkan Marketing Mix Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pupuk Non Subsidi

  • Moh Zainal Abiddin Maulana Magister Manajemen Universitas Islam Kadiri
  • Sri Wahyuni Mega H Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Sonny Subroto Maheri L Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning pada pemasaran pupuk non subsidi. Proses analisis ini dilakukan berdasarkan atribut yang merupakan unsur penyusun Marketing Mix berupa Product, Price, Place, Promition dengan objek penelitian pada produk pupuk merk Petro, Pusri, Kujang, Daun Sawit dan Mahkota. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 25 dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran pupuk non subsidi dapat dibagi menjadi 4 segmen. Dari keempat segmen tersebut segmen 1 dan 3 dianggap potensial sebagai target market, dimana segmen 1 mengutamakan kualitas, tingkat harga, distribusi dan demplot sedangkan segmen 3 menutamakan merk, potongan harga dan ketersediaan.  Selanjutnya,  analisis positioning menunjukan posisi masing – masing produk yaitu  pupuk Petro dipositioningkan sebagai produk yang melakukan promosi penjualan, dan memiliki variasi produk beragam. Pupuk Pusri dipositioningkan sebagai produk dengan kualitas baik dan merk yang baik. Pupuk Kujang dipositioningkan sebagai produk dengan kualitas yang baik dan distribusi luas. Pupuk Mahkota dipositioningkan sebagai produk dengan harga yang tepat dan periklanan. Pupuk Sawit dipositioningkan sebagai produk yang selalu menjaga ketersediaan stok.

Published
2022-04-18
How to Cite
ABIDDIN MAULANA, Moh Zainal; MEGA H, Sri Wahyuni; MAHERI L, Sonny Subroto. Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning Berdasarkan Marketing Mix Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pupuk Non Subsidi. Otonomi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 38-48, apr. 2022. ISSN 2657-1684. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2398>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2398.
Section
Articles