Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Bisnis Catering UD.Rirare

  • Rezzy Ferdian Ahmad Dani Universitas Islam Kadiri

Abstract

Abstract


The purpose of the research conducted at UD Rirare catering is to explain and prove the hypothesis regarding the influence of service quality, price, and location on purchasing decisions. This study uses probability sampling, which is a descriptive quantitative study with a sampling technique. The study population consisted of 188 consumers, and a sample of 127 consumers was obtained through the use of the Slovin formula. The SPSS version 25 program was used to process the instrument test, validity test, reliability test of the classical assumption test, normality test, linearity test and hypothesis in the form of multiple linear regression, t test, F test, and R2 test. The conclusion of this study is that partially service quality has a significant effect on purchasing decisions obtained by the t test with a significance value of 0.033 <0.05. price partially has a significant effect on purchasing decisions obtained by the t test with a significance value of 0.037 <0.05. location partially has a significant effect on purchasing decisions obtained by the t test with a significance result of 0.004 <0.05. The influence of service quality, price, and location simultaneously has a significant effect on purchasing decisions with an F test value of 0.000 < 0.05.


 


Keywords: service quality, price, location, purchasing decisions.


 


Abstrak


Tujuan dari penelitian yang dilakukan di catering UD Rirare adalah untuk menjelaskan dan membuktikan hipotesis mengenai pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan probility sampling, yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel. Populasi penelitian terdiri dari 188 konsumen, dan sampel sebanyak 127 konsumen diperoleh melalui penggunaan rumus Slovin. Program SPSS versi 25 digunakan untuk mengolah uji instrumen, uji validitas, uji reliabilitas uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas dan hipotesis berupa regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian yang diperoleh uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.033 < 0.05. harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diperoleh uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.037 < 0.05. lokasi secara parsial berpengaruh signifikan keputusan pembelian diperoleh uji t dengan hasil signifikansi sebesar 0.004 < 0.05. pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji F sebesar 0.000 < 0.05.


 


Kata Kunci : kualitas pelayanan, harga, lokasi, keputusan pembelian.

References

Ambarwati, D., Selviasari, R., & Dewi, A. S. (2022). Predicting Purchase Decisions on Kediri Consumer Students using Shopee Application. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 02(04), 253–267.
Angala, V. P., Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). PENGARUH TATA LETAK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 84–90. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.411
Ayunani, N. A., Varadina, Y., & Octavia, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Solusi, 21(3), 703. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7079
Dita Nurazizah, Diana Ambarwati, & Udik Jatmiko. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ud. Indokey Kediri. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 76–86. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.142
Lusianto, K. S., Ambarwati, D., & Zamzam, N. A. N. (2024). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, Promotion, and Price on Purchasing Decisions for Oppo Mobile Phones. AJIM (Airlangga Journal of Innovation Management) Journal, 5(1), 91–106.
Maheswara, E. A., Ambarwati, D., & Zamzam, N. A. N. (2023). Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada cv. adelia. Business and Investment Review (BIREV), 1(5), 83–93.
Nur Indahsari, L., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1, 51–60. https://doi.org/10.58561/margin.v1i1.18
Prasetyo, A. I., & Santoso, B. H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAFÉ KALA SEDUH Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Pratiwi, Y., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2023). Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Samudra Supermarket Kediri. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(1), 1–16.
Pribowo, M. G. N. A., & Milinia, A. T. (2022). 1 , 2 1,2. 1(9), 2281–2292.
Rachman. (2019). pengaruh citra toko dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Laksana Motor Tasikmalaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Ruswandriyo, A., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2024). Issn : 3025-9495. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(6), 124–133.
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D (cetakan ke). alfabeta bandung.
Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Suharlina, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Abstrak The Effect of Service Quality , Price and Location on Consumer Purchase Decisions at Restaurants Abstrac. 2(1), 113–125.
Undhar, L. (2020). Universitas Dharmawangsa. -, 224, 1–16.
Ambarwati, D., Selviasari, R., & Dewi, A. S. (2022). Predicting Purchase Decisions on Kediri Consumer Students using Shopee Application. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 02(04), 253–267.
Angala, V. P., Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). PENGARUH TATA LETAK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 84–90. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.411
Ayunani, N. A., Varadina, Y., & Octavia, A. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Solusi, 21(3), 703. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7079
Dita Nurazizah, Diana Ambarwati, & Udik Jatmiko. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ud. Indokey Kediri. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 76–86. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.142
Lusianto, K. S., Ambarwati, D., & Zamzam, N. A. N. (2024). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, Promotion, and Price on Purchasing Decisions for Oppo Mobile Phones. AJIM (Airlangga Journal of Innovation Management) Journal, 5(1), 91–106.
Maheswara, E. A., Ambarwati, D., & Zamzam, N. A. N. (2023). Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada cv. adelia. Business and Investment Review (BIREV), 1(5), 83–93.
Nur Indahsari, L., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1, 51–60. https://doi.org/10.58561/margin.v1i1.18
Prasetyo, A. I., & Santoso, B. H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAFÉ KALA SEDUH Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Pratiwi, Y., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2023). Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Samudra Supermarket Kediri. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(1), 1–16.
Pribowo, M. G. N. A., & Milinia, A. T. (2022). 1 , 2 1,2. 1(9), 2281–2292.
Rachman. (2019). pengaruh citra toko dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Laksana Motor Tasikmalaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Ruswandriyo, A., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2024). Issn : 3025-9495. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(6), 124–133.
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D (cetakan ke). alfabeta bandung.
Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Suharlina, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Abstrak The Effect of Service Quality , Price and Location on Consumer Purchase Decisions at Restaurants Abstrac. 2(1), 113–125.
Undhar, L. (2020). Universitas Dharmawangsa. -, 224, 1–16.
Wardani, D. S., Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Dian Jaya Nganjuk. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 77–83. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i3.410
Yolanda, S. S., Ambarwati, D., & Agus, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas pada Produk Lipstik Wardah di Toko Riska. Lokawati: Jurnal Penelitian …, 1(6), 214–225.
Zikri, A. M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Published
2024-10-18
How to Cite
DANI, Rezzy Ferdian Ahmad. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Bisnis Catering UD.Rirare. Jurnal Cendekia Manajemen (JCM), [S.l.], v. 2, n. 3, p. 11-19, oct. 2024. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jcm/article/view/5992>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jcm.v2i3.5992.
Section
Articles