Pengaruh Penggunaan Influencer Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Loyalitas Pelanggan Three Second Mataram Lombok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan influencer marketing dan electronic word of mouth (E-Wom) terhadap loyalitas pelanggan Three Second Mataram Lombok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisa dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokesdastisitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk uji parsial dan uji F untuk uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan. Kemudian uji simultan menemukan bahwa Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
References
Fakhri, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Buku Fadira Pekanbaru. Jurnal Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 13(3), 290–298.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas. Diponegoro
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Universitas Diponegoro
Setiawan, F. A. & Safitri, H. I. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Lokal Kecantikan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 187–204. https://doi.org/10.59024/jumek.v2i1.293
Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.3694
Nawastuti, N., & Irmawati. (2023). Pengaruh Influencer dan E-WOM terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Pada Pelanggan TikTok Shop. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1415–1421. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.735
Ramadhana, L. C., & Masreviastuti. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey pada Makeup Artist By Kawakibud). Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 277–280.
Razati, G., Nuraripin, A., & Hurriyati, R. (2020). Peran Influencer Marketing dalam Membangun Loyalitas Merek. Journal of Business Management Education |, 6(1), 40–46.
Sampurno, N. I., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Digital Influencers dan Electronic Word of Mouth terhadap Online Engagement (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Myrubylicious, 2020). E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 1137.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta
Thariq, M. F. A. (2023). Pengaruh E-Wom , Customer Relationship Management , Dan Emotional Branding Terhadap Loyalty Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 02(3), 814–827.
Wibisono, K. O., & Susanto, H. (2022). Pengaruh Promosi melalui Media Sosial dan Electronic Word of Mouth terhadap Loyalitas Pelanggan Asian Bowl Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis , 7(1), 44–56.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.