Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Motivation, dan Fashion Involvement Generasi Z terhadap Impulse Buying produk fashion di marketplace (Study Kasus pada mahasiswa di Kota Kediri)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shopping Lifestyle (X1) Hedonic Motivation (X2) dan Fashion Involvement (X3) terhadap Impulse Buying (Y) produk fashion di marketplace (Study kasus pada mahasiswa di Kota Kediri). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, accidental sampling dengan mengambil pengguna marketplace sebanyak 200 pengguna di Kota Kediri sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinan R2.
Hasil persamaan regresi Y = 0,846 + 0,245 X1 + 0,380 X2 + 0,539 X3 + e. Hasil uji F menujukkan bahwa nilai F sebesar 20,443 Sig. 0,000. Karena nilai Sig. kurang dari 0,05, maka H0 ditolak yang artinya Shopping Lifestyle (X1) Hedonic Motivation (X2) dan Fashion Involvement (X3) berpengaruh positif terhadap Impulse Buying secara simultan
References
Dhuhan, A. (N.D.). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Matahari Department Store Malang Town Square) Skripsi Diajukan Untuk Menempuh Gelar Sarjana Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 Edisi Ke-9.
Hermanto, E. Y. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai. 10(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.10.1.11-19
Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi).
Kusumadewi, R. N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif Di Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka). Manajemen, 1.
Laili, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Online Marketplace. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 3(April), 49–58.
Mia, A. (N.D.). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Keterlibatan Fesyen Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei Pada Konsumen Fesyen Muslimah Di Kota Jakarta).
Myisha, N. (N.D.). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora Di Kota Medan.
Permata Sari, A. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement.
Ristiana, E. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pakaian Distribution Store (Distro) Di Yogyakarta Skripsi. Manajemen.
Saragaih, D. R. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Produk Fashion Di Store Hennes &Mauritz). In Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ykpn Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kulitatif Dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, N., Irman, A., Mutaqin, S., & Gunawan, A. (2019). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.