Pengaruh Trustworthiness dan Customer Relationship Management dan Kepuasan Nasabah Bank BTN KCP Mrican

  • Andrew Dewantara Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Trustworthiness dan Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Nasabah Bank BTN KCP Mrican. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Bank Tabungan Negara KCP Mrican. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian yaitu 30 orang Nasabah atau pengunjung Bank BTN KCP Mrican dengan menggunakan teknik accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja nasabah yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunkan sebagai sumber data untuk dijadikan sampel.


Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji T, Uji F, dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trustworthiness  (X1), customer relationship management (X2) berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah (Y). Pada penelitian ini juga diketahui bahwa koefisien determinasi (R2) Adjusted square variabel trustworthiness, customer relationship management memiliki pengaruh sebanyak 71%. Dalam studi ini mengimplikasikan bahwa faktor kepuasan nasabah suatu perbankan dipengaruhi dan dapat ditingkatkan melalui variabel trustworthiness dan customer relationship management.

References

Asnawi, H., & Dr. H. Masyhuri. (2011). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lozen, W., & Brahmana, R. K. (2015). Pengaruh Trustworthiness terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty UD. Pelangi Surabaya. urnal Strategi Pemasaran Vol 3, No 1 (2015) Universitas Petra Surabaya.
Lozen, W., & Brahmana, R. K. (2015). Pengaruh Trustworthiness terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty UD. Pelangi Surabaya. urnal Strategi Pemasaran Vol 3, No 1 (2015) Universitas Petra Surabaya.
Pratama, D., Widyastuti, T., Suroso, S., & Untari, D. T. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Tambun, Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara Volume 3 No 1, April 2021. ISSN 1858 – 1358, E – ISSN 2684 – 7000.
Mu'arotun, R. E., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Kredit PT Pegadaian (Persero) Cabang Demak. Edunomika – Vol. 06, No. 01.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-12-14
How to Cite
DEWANTARA, Andrew. Pengaruh Trustworthiness dan Customer Relationship Management dan Kepuasan Nasabah Bank BTN KCP Mrican. Jurnal Cendekia Manajemen (JCM), [S.l.], v. 1, n. 3, p. 1-10, dec. 2023. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/jcm/article/view/4461>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/jcm.v1i3.4461.
Section
Articles