STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENGIKLAN DI RADIO 98 MAYA FM BANDUNG
Abstract
Iklan sangat penting untuk radio. Karena dari iklan menghasilkan pendapatan, radio harus dapat mencapai target iklan. Oleh karena itu, di tengah persaingan dengan media lain, radio harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik pemasang iklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah iklan yang disiarkan dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan Radio 98 Maya FM. Penelitian dilakukan dengan pendekatan dekskriptif kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya pengiklan adalah terbatasnya sumber daya manusia untuk mengelola radio dan media social. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Radio 98 Maya FM menjadi ikon radio keluarga dengan menggunakan model STP (Segmentation, Targeting, Positioning) sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi saat membuat rencana pemasaran untuk meningkatkan jumlah iklan yang disiarkan di radio.