ANALISIS PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KONSUMEN UNTUK INTEGRASI DATA: KASUS GOJEK-TOKOPEDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis regulasi perlindungan data pribadi dan perlindungan hukum data pribadi konsumen dari dua raksasa teknologi, Gojek dan Tokopedia, yang secara resmi mengumumkan akuisisi pada 17 Mei 2021. PT GoTo Gojek Tokopedia menggabungkan e-commerce, on- permintaan, jasa keuangan, dan jasa keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian normatif atau doktrinal dengan pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Di Indonesia, belum ada undang-undang yang kaku yang mengatur perlindungan data pribadi karena pengaturan perlindungan data pribadi di Indonesia saat ini masih bersifat sektoral. Untuk pengguna layanan GoTo Group, pengaturan data pribadi konsumen diatur dalam kebijakan privasi Gojek dan Tokopedia. Integrasi data setelah akuisisi PT. Tokopedia oleh PT. aplikasi Karya Anak Bangsa memunculkan berita jika terjadi kebocoran data dan atau penggunaan data konsumen tanpa persetujuan pemilik data