Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Sistem Digitalisasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening

  • Titik Susanti Universitas Tanjungpura
  • Nella Yantiana Prodi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
  • Khristina Yunita Prodi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
  • Nina Febriana Dosinta Prodi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
  • Fera Damayanti Prodi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah menciptakan peluang baru di sektor ekonomi, termasuk memengaruhi nilai perusahaan, sebagaimana dijelaskan dalam teori dan penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan sistem digitalisasi terhadap nilai perusahaan, dengan profitabilitas sebagai variabel intervening, pada perusahaan transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian mencakup 37 perusahaan transportasi dan logistik yang terdaftar di BEI selama periode 2019-2023, dengan teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel yang memenuhi kriteria penelitian, menghasilkan 10 perusahaan terpilih. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji Sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sementara digitalisasi sistem tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, digitalisasi sistem, dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, serta profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap nilai perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun teknologi digital memiliki potensi besar, dampaknya terhadap nilai perusahaan di sektor transportasi dan logistik masih memerlukan kajian lebih mendalam

Published
2025-06-18
How to Cite
SUSANTI, Titik et al. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Sistem Digitalisasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 38-61, june 2025. ISSN 2723-0090. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/6341>. Date accessed: 23 june 2025. doi: https://doi.org/10.32503/akuntansi.v6i1.6341.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.