Pendekatan PLS-SEM dalam Menentukan Faktor Penentu Keputusan Pembelian di Marketplace Facebook

  • Nisrina Hamid Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Niati . 3Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Yuan Swastika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari

Abstract

Facebook merupakan media sosial popular ketiga di Indonesia dengan jumlah pengguna Facebook mencapai 83,8%. Selain menyediakan fitur berbagai konten seperti foto, video dan artikel, juga menyediakan fitur marketplace yang mewadahi pemilik bisnis untuk mempromosikan dan menjual produknya. Keputusan pembelian di marketplace facebook dipengaruhi variabel influencer marketing, viral marketing dan E-Wom (Elektronik Worth of Mouth). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing, viral marketing dan E-Wom terhadap keputusan pembelian. Menganalisis pengaruh dari variabel-variabel tersebut menggunakan analisis SEM-PLS dengan jumlah populasi  yang terhingga maka sampel ditentukan secara purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow sehingga berdasarkan rumus tersebut diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan Influencer marketing dan E-WOM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Disarankan dalam penelitian untuk menambah variabel kepercayaan konsumen terhadap marketplace facebook.

Published
2023-12-17
How to Cite
HAMID, Nisrina; ., Niati; SWASTIKA, Yuan. Pendekatan PLS-SEM dalam Menentukan Faktor Penentu Keputusan Pembelian di Marketplace Facebook. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-14, dec. 2023. ISSN 2723-0090. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/4239>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/akuntansi.v4i2.4239.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.