Pendekatan PLS-SEM dalam Menentukan Faktor Penentu Keputusan Pembelian di Marketplace Facebook
Abstract
Facebook merupakan media sosial popular ketiga di Indonesia dengan jumlah pengguna Facebook mencapai 83,8%. Selain menyediakan fitur berbagai konten seperti foto, video dan artikel, juga menyediakan fitur marketplace yang mewadahi pemilik bisnis untuk mempromosikan dan menjual produknya. Keputusan pembelian di marketplace facebook dipengaruhi variabel influencer marketing, viral marketing dan E-Wom (Elektronik Worth of Mouth). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing, viral marketing dan E-Wom terhadap keputusan pembelian. Menganalisis pengaruh dari variabel-variabel tersebut menggunakan analisis SEM-PLS dengan jumlah populasi yang terhingga maka sampel ditentukan secara purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow sehingga berdasarkan rumus tersebut diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan Influencer marketing dan E-WOM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Disarankan dalam penelitian untuk menambah variabel kepercayaan konsumen terhadap marketplace facebook.