Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan SAK ETAP Pada CV. Pramita Kediri

  • Miladiah Kusumaningarti Universitas Islam Kadiri
  • Novita Alkarinda Universitas Islam Kadiri
  • Imarotus Suaidah Universitas Islam Kadiri

Abstract

Aset tetap mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam perusahaan karena memerlukan danadalam jumlah yang besar dan tertanam dalam jangka waktu yang lama. Aset tetap sangat diperlukan untukkelancaran operasional suatu perusahaan, dalam memaksimalkan peran tersebut dibutuhkan kebijakan yang tepat dalam pengelolaan, pencatatan dan perlakuan akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlakuan akuntansi aset tetap berdasarkan SAK ETAP pada CV. Pramita Kediri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapatnya perlakuan akuntansi aset tetap yang belum sesuai dengan standar yang berlaku yaitu SAK ETAP.


Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi aset tetap pada CV. Pramita Kediri belum sesuai dengan SAK ETAP sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap penyajian laba yang diperoleh.


 

Published
2022-12-23
How to Cite
KUSUMANINGARTI, Miladiah; ALKARINDA, Novita; SUAIDAH, Imarotus. Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan SAK ETAP Pada CV. Pramita Kediri. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 91-103, dec. 2022. ISSN 2723-0090. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2972>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/akuntansi.v3i2.2972.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.