PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BULUKUMBA

  • Dilla Amelia Putri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Idrawahyuni Idrawahyuni
  • Ansyarif Khalid

Abstract

Kualitas pelayanan dan Sanksi pajak adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi pajak kendaraan bermotor terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor SAMSAT Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor SAMSAT Kabupaten Bulukumba. Sampel penelitian yang dipilih berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistic deskriptif, uji kualitas data, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan Software SPSS 25.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan dan Sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak. Sanksi Pajak

Published
2022-06-30
How to Cite
PUTRI, Dilla Amelia; IDRAWAHYUNI, Idrawahyuni; KHALID, Ansyarif. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BULUKUMBA. JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-43, june 2022. ISSN 2723-0090. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2564>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/akuntansi.v3i1.2564.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.