PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Ta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dan mengetahui pengaruh profitabilitas dalam memoderasi hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan melalui pengumpulan data dengan data sekunder, populasi yaitu Laporan Keuangan perusahaan pertambangan sub sector batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Sampel dalam penelitian ini berupa neraca dan laporan laba/rugi perusahaan pertambangan sub sector batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019, analisa data dengan menggunakan metode statistik Regresi Linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2) Profitabilitas sebagai variabel moderasi mampu memoderasi (memperkuat) hubungan CSR dengan nilai perusahaan