ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI REVALUASI AKTIVA TETAP BERWUJUD DALAM PELEPASAN AKTIVA TETAP BERWUJUD DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PABRIK GULA PESANTREN BARU KEDIRI)

  • Dwi Saputri Umaroh Universitas Islam Kadiri
  • Ninik Anggraini Universitas Islam Kadiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akuntansi revaluasi aktiva tetap berwujud dalam pelepasan aktiva tetap berwujud berpengaruh terhadap laporan keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada PG Pesantren Baru Kediri. Variabel dalam penelitian ini adalah aktiva tetap, revaluasi aktiva tetap, dan laporan keuangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan kondisi sebenarnya dari objek yang diteliti menggunakan angka-angka hasil pengukuran. Hasil analisis menunjukkan kenaikan nilai aktiva dan modal setelah adanya revaluasi dalam pelepasan aktiva tetap. Nilai buku aktiva tetap mesin dan kendaraan dengan nilai wajar yang ada di pasaran menunjukkan selisih lebih revaluasi aktiva tetap atau kenaikan nilai aktiva tetap mesin dan kendaraan. Selisih lebih revaluasi aktiva tetap dimasukkan dalam laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan dalam modal bagian laba tahun berjalan sehingga menaikkan total modal. Berdasarkan perhitungan nilai akumulasi penyusutan aktiva tetap saat revaluasi, nilai aktiva tetap dan nilai akumulasi penyusutan aktiva tetap mengalami kenaikan sehingga nilai buku aktiva tetap sebesar nilai wajar atau nilai sebenarnya.

Published
2020-06-07
How to Cite
UMAROH, Dwi Saputri; ANGGRAINI, Ninik. ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI REVALUASI AKTIVA TETAP BERWUJUD DALAM PELEPASAN AKTIVA TETAP BERWUJUD DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PABRIK GULA PESANTREN BARU KEDIRI). JCA (JURNAL CENDEKIA AKUNTANSI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 28-35, june 2020. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1063>. Date accessed: 21 oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.