PENGARUH STRUKTUR MODAL, STRUKTUR ASET DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2017

  • Shafara Ahmadea Widanastiti Universitas Islam Kadiri
  • Puji Rahayu Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, struktur aset dan struktur kepemilikan  terhadap risiko keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI Periode 2015-2017. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur modal, struktur aset dan struktur kepemilikan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah risiko keuangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel 18 perusahaan. Analisis data digunakan dengan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS’16 dan juga menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial struktur modal tidak berpengaruh terhadap risiko keuangan, struktur aset berpengaruh positif terhadap risiko keuangan dan struktur kepemilikan berpengaruh positif terhadap risiko keuangan. Secara simultan struktur modal, struktur aset dan struktur kepemilikan berpengaruh terhadap risiko keuangan. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel terhadap risiko keuangan diperoleh R Square sebesar 0,301 atau 30,1% dapat disimpulkan bahwa variabel struktur modal, struktur aset dan struktur kepemilikan mampu mempengaruhi risiko keuangan sebesar 30,1% dan sisanya 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Published
2020-06-07
How to Cite
WIDANASTITI, Shafara Ahmadea; RAHAYU, Puji. PENGARUH STRUKTUR MODAL, STRUKTUR ASET DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP RISIKO KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2017. JCA (JURNAL CENDEKIA AKUNTANSI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-17, june 2020. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1061>. Date accessed: 21 oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.