PENGARUH DEWAN KOMISARIS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Olivia Kusuma Universitas Islam Kadiri
  • Nur Rahmanti Ratih Universitas Islam Kadiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pengaruh dewan komisaris yang diproyeksikan menjadi ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, frekuensi rapat, latar belakang pendidikan dan keberadaan wanita dan kepemilikan manajerial terhadap intellectual capital disclosure pada perbankan di Indonesia.Dengan diketahuinnya pengaruh tersebut diharpakan perusahaan dapat meningkatkan pengungkpaan yang dimilikinya.Populasi pada penelitian ini adala perbankan BUMN dan non BUMN yang terdafar di Bursa Efek Indonesia.Penentuan jumlah sempel menggunakan teknik purposive sampli dan di dapat 21 perusahaan pada periode 2015-2017. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan taraf signifikansi < 0,05. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukan bahwa secara parsial dari enam hipotesis menunjukan bahwa ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh positif terhadap intellectual capital disclosure dengan nilai sig. 0,000.Proporsi dewan komisaris independen memiliki pengaruh positif terhadap intellectual capital disclosure dengan nilai sig. 0,032.Frekuensi rapat dewan komisris memiliki pengaruh positif terhadap intellectual capital disclosure dengan nilai sig. 0,019. Latar belakang pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap intellectual capital disclosure dengan nilai sig.0,015. Dan secara simultan ukuran dewana komisaris, proporsi komisaris independen, frekuensi rapat, latar belakang pendidikan dan keberadaan wanita dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif dengan nilai sig. 0,005.

Published
2020-06-07
How to Cite
KUSUMA, Olivia; RATIH, Nur Rahmanti. PENGARUH DEWAN KOMISARIS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JCA (JURNAL CENDEKIA AKUNTANSI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-8, june 2020. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1060>. Date accessed: 21 oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.