STRATEGI PEMASARAN KAYU SENGON (STUDI KASUS CV. HALMAHERA GROUP) DI KABUPATEN TRENGGALEK

  • Samudi Samudi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri

Abstract

Saat ini sengon (Paraserianthes falcataria) merupakan jenis pohon yang cukup potensial untuk dikembangkan dalam dunia perkayuaan, dikarenakan pertumbuhannya cepat, masa tebang lebih pendek, budidayanya lebih mudah, dapat ditanam diberbagai kondisi tanah, kayunya cenderung lebih lurus, produktivitasnya tinggi serta memiliki banyak manfaat dalam segi lingkungan. Strategi pemasaran yang tepat merupakan kunci keberhasilan dalam agribisnis sengon.


            Penilitian dilaksanakan pada Bulan Mei sampai  Juli 2016. Lokasi penelitian di CV. Halmahera Group dengan pertimbangan CV ini merupakan yang terbesar dalam pengolahan kayu sengon di Kabupaten Trenggalek.  Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus yakni pendekatan penelitian yang penelaahannya diarahkan kepada suatu kasus secara intensif, mendalam dan memadai serta komprehensif. Populasipenelitian adalah petani sengon di Kabupaten Trenggalek, sedangkan sampel dari penelitian diambil secara random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan kepada individu atau kelompok yang terlibat dalam saluran pemasaran kayu sengon dengan jumlah sample 15 orang petani yang diacak.Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder.Analisa data yang digunakan adalah dengan alat analisa SWOT. Analisis ini merupakan identifikasi berbagai faktor secara sisitematis untuk merumuskan suatu strategi dengan dasar pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenght) dan peluang (oppurtunities) namun secara bersamaan bisa meminimalkan kelemahan (weakneses) dan Ancaman (threats).Hasil penelitian berdasarkan analisis`SWOT, maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran kayu sengon di CV Halmahera Group Kabupaten Trenggalek alternatif yang paling tepat yaitu dengan menggunakan strategi SO karena mempunyai nilai tertinggi yaitu sebesar 3. Pada strategi ini yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang agar pemasaran sengon dapat optimal. :1) Meningkatkan produksi kayu sengon dan membangun kemitraan dengan petani 2) Menggunakanteknologi modern dalam proses produksi, 3) Harga bersaing sehingga pasar akan terbuka lebar untuk CV. Halmahera Group

Published
2020-03-11
How to Cite
SAMUDI, Samudi. STRATEGI PEMASARAN KAYU SENGON (STUDI KASUS CV. HALMAHERA GROUP) DI KABUPATEN TRENGGALEK. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 40-47, mar. 2020. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/988>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v19i1.988.