PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BENIH HORTIKULTURA CV.SUMBER HORTI NASIONAL

  • Nur Salam Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Islam Kadiri Kediri

Abstract

Perubahan lingkungan di bidang pertanian yang semakin lama semakin kurang baik akibat penggunaan pestisida yang berlebihan.,menyebabkan kekebalan terhadap hama dan penyakit. secara tidak langsung keadaan ini sebagai acuan bagi petani untuk bisa memilih suatu varieats yang bisa di andalkan pada musim musim tertentu,dan juga sebagai acuan bagi perusahaan untuk membuat suatu varietas yang lebih  tahan terhadap lingkungan,CV Sumber Horti Nasional ikut bergerak di bidang penangkaran benih diharapkan bisa menjawab keluh kesah petani dalam hal pemilihan benih yang unggul. Dalam hal ini sebuah perusahaan membutuhkan suatu konsep untuk mengenalkan produknya ke petani untuk meningkatkan keputusan pembelian perusahaan tidaklah lepas dari konsep marketing mix. yang meliputi Produk, Harga, Distribusi, Promosi.


Tujuan penelitian ini 1.Untuk mengidentifikasi pengaruh produk terhadapkeputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional.2.Untuk mengidentifikasi harga terhadap keputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional. 3.Untuk mengidentifikasi distribusi terhadap keputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional. 4.Untuk mengidentifikasi promosi terhadap keputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional. 5.Untuk mengidentifikasi produk, harga, distribusi, promosi terhadap keputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional. 6.Untuk mengidentifikasi produk, harga, distribusi, promosi yang paling dominan terhadap keputusan pembelian benih hortykultura CV. Sumber Horty Nasional.


Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini di daerah yang potensial menggunakana produk tersebut antara lain kecamatan kepung, pare dan kunjang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun sampel yang diambil berdasarkan rumus diatas adalah 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas


Berdasarkan hasil penelitian, bahwa secara uji terpisah variabel produk berpengaruh positif dan signifikan sedangakan untuk variabel  harga, distribusi, dan promosi hanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Sedangkan secara simultan bahwa variabel produk, harga, ditribusi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan, kesimpulan dalam penelitian ini  bahwa variabel  harga, distribusinya,dan promosinya yang baik bila tidak di dukung dengan produk yang bagus hanya berpengaruh positif dan belum signifikan terhadap keputusan pembelian produk eskate CV. Sumber Horti Nasional.


 Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa variable Produk, Harga, Distribusi, Promosi perlu dikembangkan secara berkelanjutan karena memberikan nilai efektif bagi perusahaan terutama variabel produk yang mempunyai pengaruh paling dominan tentang keputusan pembalian pada perusahaan.

Published
2020-03-11
How to Cite
SALAM, Nur. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BENIH HORTIKULTURA CV.SUMBER HORTI NASIONAL. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 1-9, mar. 2020. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/984>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v19i1.984.