Strategi Pemasaran Benih Jagung Dengan Merk Khusus “Celeron”, Study Kasus Di PT. Srijaya Internasional Kediri

  • Heru Sasangkaadi Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadir

Abstract

Strategi Pemasaran Benih Jagung dengan Merek Khusus Celeron, telah menjadi strategi pemasaran benih jagung yang dilakukan oleh PT Srijaya Internasional Kediri. Tujuan Penelitian adalah 1. Untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor eksternal dan internal pemasaran benih jagung dengan merk khusus di PT Srijaya Internasional dan 2. Untuk menentukan strategi pemasaran benih jagung yang tepat di PT Srijaya Internasioanl dalam meningkatkan volume penjualan benih jagung merek khusus “Celeronâ€. Tempat penelitian di PT Srijaya Internasional Kediri, dimulai sejak bulan Maret 2017. Metode Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisis SWOT.


Hasil Analisis SWOT menunjukkan Kombinasi Strenght Opportunity (SO) yang paling tinggi skorenya. Strategi SO tersebut menghasilkan empat strategi yaitu (1) Kualitas benih jagung yang baik akan dapat memenuhi kebutuhan benih jagung, (2) Merek Celeron sudah terdaftar sehingga bisa dipakai untuk varietas lain, (3) Harga jual kompetitif dan perluasan area pemasaran, akan meningkatkan omzet penjualan adan akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan, (4) Pola kemitraan dengan petani plasma baik, serta manajemen yang baik, Modal usaha cukup serta didukung oleh SDM berpengalaman, akan mampu memperluas jaringan pemasaran

Published
2020-02-18
How to Cite
SASANGKAADI, Heru. Strategi Pemasaran Benih Jagung Dengan Merk Khusus “Celeronâ€, Study Kasus Di PT. Srijaya Internasional Kediri. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 14-23, feb. 2020. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/901>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v20i1.901.