Manajemen Strategi Usaha Perikanan Budaya Ikan Hias Berbasis Komoditas Unggulan Di Kabupaten Tulungagung
Abstract
Kabupaten Tulungagung memiliki potensi perikanan budidaya air tawar baik buddaya ikan konsumsi maupun budidaya ikan hias. Pada akhir-akhir ini terjadi kelesuhan usaha budidaya ikan air tawar konsumsi dikarenakan harga pakan ikan yang notabene bahan bakunya masih banyak impor sehingga benefit yang dihasikan tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Usaha budidaya ikan hias dipandang merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan para pembudidaya ikan dikarenakan kebutuhan pakan ikan hias relative sedikit dibandingan dengan ikan konsumsi yag membutuhkan modal sebesar 70 % untuk kebutuhan pakan. Untuk mengembangkan usaha budidaya ikan hias perlu diketahui posisi apakah sector perikanan ikan hias di Kabupaten Tulungagung merupakan sector basis atau non basis. Hal ini bertujuan untuk memberikan arah kebijakan pembangunan daerah sehingga pendapatan para pembudidaya ikan di Kabupaten Tulungagung dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa sector perikanan budidaya ikan hias masuk dalam sector potensial atau berkembang sangat cepat. Diperoleh komoditas unggulan berupa ikan gupi, mas koki, lemon, manfish, marble, moli dan red fin. Manajemen Strategi untuk mengembangkan usaha budidaya ikan hias komoditas unggulan ini dapat dilakukan dengan growth oriental strategy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0