Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Potensi Pupuk Organik Dalam Pertanian Raman Lingkungan Berkelanjutan (PRLB) di Kabupaten Ngawi
Abstract
Pertanian Ramah Lingkungan saat ini telah berkembang secara luas, baik dari sisi budidaya, sarana produksi, jenis produk, pemasaran, pengetahuan konsumen, dan organisasi/lembaga masyarakat yang menaruh minat pada pertanian organik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi potensi petani terhadap penggunaan pupuk organik yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti usia petani, pendidikan formal petani serta pendidikan non formal petani. Metode penelitian kualititaf. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Selama empat bulan mulai dari Bulan April sampai Agustus 2023. Informan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang petani. Hasil dari penelitain ini adalah faktor internal tesebut dapat mendukung keberhasilan usahatani, sementara pada faktor eksternal yang mempengaruhi respon petani yang ada di Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi yakni manfaat yang di harapkan, selang waktu antara awal penggunaan dengan memperoleh manfaat dan enersi/korbanan yang dikeluarkan, kendala yang masih ada di lapangan beberapa petani masih ada yang ketergantungan pada pupuk kimia, dan di sisi lain kurangnya apresiasi terhadap produk –produk organik dari hasil panen.
References
Andoko, A. 2008. Budidaya Padi Secara Organik. Penebar Swadaya. Depok. Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia, Teori, Dan Pengukurannya. Seri Psikologi. Yogyakarta: Liberty.
Bimo Walgito. 1997. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset Direktorat Pengembangan Usaha, 2011. Modul: Pengertian Dan Prinsip Pertanian Organik. Jakarta. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.
Dwidiyanti M. (2005). Caring Kunci Sukses Perawatan Mengamalkan Ilmu. Semarang: Hasani.
Girisonta. 1990. Budidaya Tanaman Padi. ogyakarta : Kanisius. Gulo, W. 1996. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grasindo. Hernanto, F. 1991. Ilmu Usahatani. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.
Husnaini Usman & Purnomo Setiadi Akbar, 1995. Metodologi Penelian Sosial. Surabaya. Bumi Aksara.
Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian, Surabaya. Bumi Aksara.
Mardikanto, T. 2007. Pengantar Ilmu Pertanian. Surakarta: Pusat Pengembangan Agrobisnis Dan Kehutanan Sosial.
Mayrowani, H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, Cetakan Kesebelas.
Rakhmat, Jalaluddin. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Karya Nusantara.
Sarlito Wirawan. 1995. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sarwono, B., 1991, Beternak Ayam Buras, Penebar Swadaya, Jakarta.
Setiawan, H., 2008, Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: Andi
Soekartawi. 2011. Ilmu Usaha Tani. Universitas. Indonesia. Jakarta.
Sulistya, W. A. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Android. Undip Semarang. Semarang
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta
Sutedjo AY., 2008. Buku Saku. Penerbit Amara Books. Cetakan Ketiga, Yogyakarta.
Suwahyono, Untung. 2011. Petunjuk Praktis Penggunaan Pupuk Organik Secara
Efektif Dan Efisien. Jakarta. Penebar Swadaya.
Winkel, W. S. 1989. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta. Gramedia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0