Strategi Pengembangan Usahatani Beras Merah Di Kabupaten Ngawi

  • Adhalifatu Adhalifatu Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadiri
  • Supriyono Supriyono Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri
  • Arisyahidin Arisyahidin Magister Manajemen, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui potensi ekonomi, keunggulan kompetitif, dan strategi pemasaran beras merah di Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah dengan analisis SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Kemudian akan dianalisis matriks IFAS dan EFAS, matriks iE dan matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Management). Responden dalam penelitian ini adalah petani beras merah di Kabupaten Ngawi yang akan diwawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dapat diterapkan berfokus pada product priority yang artinya perlu pengembangan mengenai kualitas produk lebih baik lagi. Dalam strategi marketing mix, startegi produk merupakan unsur yang paling penting, karena dapat mempengaruhi startegi pemasaran lainnya. Produsen beras merah perlu meningkatkan kualitas produk terkait dengan melengkapi standarisasi produk seperti label halal dan expired date untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap beras merah

References

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui potensi ekonomi, keunggulan kompetitif, dan strategi pemasaran beras merah di Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah dengan analisis SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Kemudian akan dianalisis matriks IFAS dan EFAS, matriks iE dan matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Management). Responden dalam penelitian ini adalah petani beras merah di Kabupaten Ngawi yang akan diwawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dapat diterapkan berfokus pada product priority yang artinya perlu pengembangan mengenai kualitas produk lebih baik lagi. Dalam strategi marketing mix, startegi produk merupakan unsur yang paling penting, karena dapat mempengaruhi startegi pemasaran lainnya. Produsen beras merah perlu meningkatkan kualitas produk terkait dengan melengkapi standarisasi produk seperti label halal dan expired date untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap beras merah
Published
2024-08-29
How to Cite
ADHALIFATU, Adhalifatu; SUPRIYONO, Supriyono; ARISYAHIDIN, Arisyahidin. Strategi Pengembangan Usahatani Beras Merah Di Kabupaten Ngawi. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 210-223, aug. 2024. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/5840>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v24i2.5840.