Strategi Pengembangan Usahatani Beras Merah Di Kabupaten Ngawi
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui potensi ekonomi, keunggulan kompetitif, dan strategi pemasaran beras merah di Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah dengan analisis SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Kemudian akan dianalisis matriks IFAS dan EFAS, matriks iE dan matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Management). Responden dalam penelitian ini adalah petani beras merah di Kabupaten Ngawi yang akan diwawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dapat diterapkan berfokus pada product priority yang artinya perlu pengembangan mengenai kualitas produk lebih baik lagi. Dalam strategi marketing mix, startegi produk merupakan unsur yang paling penting, karena dapat mempengaruhi startegi pemasaran lainnya. Produsen beras merah perlu meningkatkan kualitas produk terkait dengan melengkapi standarisasi produk seperti label halal dan expired date untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap beras merah
References
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0