Strategi Pemasaran Olahan Perikanan Pasca Pandemi Covid-19

  • Nastiti Winahyu Universitas Islam Kadiri
  • Endro Puji Astoko Universitas Islam Kadiri
  • Erlin Widya Fatmawati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kadiri

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui faktor internal dan eksternal dari UMKM Olahan Perikanan Kabupaten Kediri dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapi persaingan usaha Pasca Pandemi Covid-19. Faktor internal kekuatan utama adalah rasa yang enak. Produk yang ditawarkan memberikan produk dengan rasa yang enak sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Kelemahan utama yaitu kurangnya softskill tentang strategi promosi. Faktor ekternal yang menjadi peluang utama adalah terdapat Asosiasi Pengolah dan Pemasaran Perikanan. Asosiasi ini bisa membantu pengolah dalam kerjasama memperbaiki softskill produksi maupun pemasaran. Ancaman yang dihadapi ialah permintaan konsumen belum stabil. Persaingan usaha Pasca Pandemi Covid-19 tidak hanya dengan produk sejenis, namun juga dengan produk olahan lain selain perikanan seperti olahan ayam dan daging yang juga digemari oleh konsumen. Era new normal, semakin banyak jenis produk yang dapat diakses oleh konsumen. Strategi utama yang dirumuskan yaitu peningkatan kuantitas dan kualitas serta legalitas produk, peningkatan pelayanan secara offline maupun online pengembangan outlet yang disertai media promosi sesuai perkembangan jaman. Kegiatan-kegiatan yang dijalankan sudah sesuai namun pengembangannya perlu lebih tumbuh dan stabil. Strategi pemasaran dalam meminimalkan kelemahan yang ada dan menghindari ancaman yaitu pengembangan pemasaran melalui penetrasi pasar, dan penentuan STP (segmentasi, targeting, dan positioning) pada UMKM olahan perikanan.

References

Afriani, Kartini, Anita Herawati Permana, Ika Widiana, Puspita Ade Agustin, Indah Aulia Nurhalisa, and Halimah Az Zahro, ‘Pembuatan Aneka Produk Olahan Pangan Berbahan Dasar Ikan Lele’, Jurnal Pengabdian Masyarakat AKA, 2.1 (2022), 30–34

Aliyah, Rizkia, Iwang Gumilar, and Ine Maulina, ‘Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung)’, Jurnal Perikanan Dan Kelautan Unpad, 6.2 (2015), 78–84

Bintang, Hanipah, and Sri Handayani, ‘Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan Ikan Olahan Di Desa Kuala Bubon Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus : Usaha Pengolahan Ikan Sentra Barsela Mandiri)’, Management Business Journal, 5.1 (2022), 116–28

Badan Pusat Statistik. ‘Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Ikan Per Kabupaten/kota Tahun 2022’, (2022),

Damayanti, Herna Octivia, ‘Strategi Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan Tradisional (Studi Di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati)’, Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 8.1 (2018), 13

Hasnibar, Sesni, Hamdi Hamid, and Lamun Bathara, ‘Marketing Strategy of Processed Catfish (Pangasius Sutchi) Products in Koto Mesjid Village XIII Koto Kampar District Riau Province’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Perikanan Dan Ilmu Kelautan, 2.1 (2015)

Kurniati, Sri Ayu, and Jumanto, ‘Strategi Pengembangan Usaha Ikan Nila Di Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau’, Jurnal Agribisnis, 19.1 (2017), 13–25
Maryantina, and Delfi Yanti, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Produk Olahan Ikan Patin Di Kampung Patin, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar’, JIntelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2.12 (2021), 83–95

Mega Faradilla, and Julianto Hutasuhut, ‘Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Budidaya Ikan Lele Di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai’, Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2.2 (2022), 85–97

Ramiawati, and Anwar Ramli, ‘Pembuatan Berbagai Produk Olahan Ikan Bagi Kelompok Tani Nelayan Di Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar’, Jurnal IPA Terpadu, 1.2 (2018), 86–95

Setiyorini, Eviet Sri, Bambang Pramudya Noorachmat, and Muhammad Syamsun, ‘Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan Pada UMKM Cindy Group’, MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13.1 (2018), 19–28

Ulfa, Fitria, Syarifah Zuraidah, and Akbardiansyah, ‘Analisis Strategi Pemasaran Produk Dendeng Ikan Di UMKM Belia Jaya Kabupaten Aceh Besar’, Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 8.2 (2023), 95–102

Wida, Erlyna, and Choirul Anam, ‘Pengembangan Usaha Olahan Lele Di Kabupaten Boyolali’, Abdimas, 19.1 (2015), 35–42
Published
2024-01-22
How to Cite
WINAHYU, Nastiti; ASTOKO, Endro Puji; FATMAWATI, Erlin Widya. Strategi Pemasaran Olahan Perikanan Pasca Pandemi Covid-19. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 46-55, jan. 2024. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/4639>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v24i1.4639.