Penerapan Subsistem On-Farm Agribisnis Apel Yang Berdaya Saing Di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Kota Batu
Abstract
Kota Batu adalah sentra apel terbesar di Indonesia, sehingga mendapat julukan sebagai Kota Apel. Perusahaan yang bergerak dalam budidaya tanaman apel di Kota Batu salah satunya adalah PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya. Fokus perusahaan ini dalam bidang agrowisata, yaitu budidaya komoditas apel dan wisata petik apel. PT. Kusuma Agrowisata ialah perusahaan yang berorientasi pada pertanian hulu hingga hilir mulai dari budidaya hingga pembuatan produk sari apel. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui teknik budidaya, panen, serta pasca panen tanaman apel di perusahaan yang disasar. Pengambilan data primer didapatkan melalui metode observasi, praktek langsung di lapang, serta melakukan wawancara dengan pengawas kebun dan pekerja. Hasil perolehan data selanjutnya dianalisis secara deskriptif lalu dilakukan evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh adalah teknik budidaya tanaman apel, penanganan panen, serta pasca panen. Tahapan dalam budidaya tanaman apel yaitu penyulaman, pengolahan tanah, perompesan, pemangkasan, pemupukan, penyiraman, pengendalian hama dan penyakit, pewiwilan, sanitasi, pemanenan. Tahapan pasca panen yaitu pembersihan buah, sortasi dan grading, pengemasan, penyimpanan, pengangkutan. Pemasaran apel dilakukan dengan menjual kepada pengunjung, tengkulak, wisata petik apel, dan pabrik sari buah apel.
References
Kuntari, Y. B., & Madiyanto, R. (2019). Pemulihan Tanaman Apel di Desa Gubugklakah, Poncokusumo sebagai Implementasi Sistem Daerah (SIDA) Kabupaten Malang. Jurnal Karta Raharja. 1(1): 47–55.
Paliwang, A. A. A., S., M. R. D., Cahyanti, M., & Swedia, E. R. (2020). Klasifikasi Penyakit Tanaman Apel dari Citra Daun Bunga dengan Convolutional Neural Network. Jurnal Sebati. 24(2): 207–212.
Purwaningrum, H. (2020). Faktor Internal dan Eksternal dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Taman Buah Kusuma Agrowisata Kabupaten Batu Malang. Jurnal Khasanah Ilmu. 20(10): 137–143.
Relawati, R., Masyhuri, W, L. R., & Mulyo, J. H. (2019). Strategi Pemasaran Apel Malang. Jurnal Agroecobis. 2(1): 32–45.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0