Strategi Pemasaran Produk Agens Hayati Trichoderma sp. Di CV Trubus Mas Lestari Kabupaten Kediri
Abstract
CV Trubus Mas Lestari merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam penyediaan agens hayati menggunakan jamur Trichoderma sp. Produk ini memiliki keuntungan yang banyak dalam penggunaannya, namun dalam proses produksi dan komersialisasi agens hayati masih memiliki kendala. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal untuk merumuskan strategi pemasaran produk agens hayati Trichoderma sp. Metode penelitian menggunakan analisis Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE) dan matriks Internal External (IE). Perumusan strategi menggunakan matriks Strengt, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Berdasarkan hasil analisis, pelayanan yang baik menjadi kekuatan utama CV Trubus Mas Lestari. Kelemahan produk ini yaitu diferensiasi produk yang masih perlu inovasi dan keberagaman. Kehadiran PPL menjadi peluang yang mendukung kesadaran petani dalam menggunakan agens hayati. Ancaman dari produk ini adalah produk sejenis yang memiliki harga yang lebih terjangkau. Strategi pemasaran yang sesuai meliputi mengembangkan segmentasi pasar, mengusahakan peningkatkan kualitas produk dengan budget minim, memperluas wilayah distribusi produk ke sentra tanaman unggulan dan meningkatkan kegiatan promosi, penyuluhan dan demplot.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0