Pengaruh Perilaku Sosial Ekonomi Dan Manajemen Strategi Adaptasi Lahan Tadah Hujan Terhadap Hasil Panen Tembakau Di Magetan

  • Gati Gati Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadiri, Kediri
  • Sumarji Sumarji Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadiri, Kediri
  • Supriyono Supriyono Magister Agribisnis, Universitas Islam Kadiri, Kediri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh perilaku sosial ekonomi dan strategi pengelolaan adaptasi lahan tadah hujan terhadap hasil panen. Penelitian ini berlokasi di Magetan dengan seluruh petani tembakau di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Desa Getasanyar dan Desa Sidomulyo. Untuk menjawab penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Pada variabel perilaku sosial ekonomi mempengaruhi hasil panen dengan nilai signifikan > 0,000 dengan sub variabel umur, pengalaman, tanggung jawab keluarga, luas lahan, dan pendapatan. Pada variabel pengelolaan, strategi adaptasi lahan tadah hujan mempengaruhi hasil panen dengan nilai signifikansi > 0,000 dengan sub variabel lahan tadah hujan menyebabkan kerugian, biaya yang dibutuhkan untuk mengairi tanaman tembakau cukup besar, perlu dilakukan pencegahan mengantisipasi lahan tadah hujan, pengaturan pola tanam Petani tembakau perlu melakukan tumpang sari, petani tembakau perlu menggunakan sistem tumpang sari dan manfaat tampungan air (robek) bagi petani tembakau. Dalam hal ini, jika luas lahan garapan meningkat dan pendapatan meningkat, maka lahan tadah hujan dan pengelolaan strategis akan berkurang 1 satuan. Dan alangkah baiknya jika areal budidaya tetap dan pendapatan tetap, lahan tadah hujan dan pengelolaan strategis tetap.

Published
2021-07-29
How to Cite
GATI, Gati; SUMARJI, Sumarji; SUPRIYONO, Supriyono. Pengaruh Perilaku Sosial Ekonomi Dan Manajemen Strategi Adaptasi Lahan Tadah Hujan Terhadap Hasil Panen Tembakau Di Magetan. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 79-92, july 2021. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/1894>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v21i2.1894.