Efektifitas Pembelajaran Dan Praktik Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Wirausaha Sayur Hidroponik Siswa SMKN 1 Tulungagung Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

  • Dyah Rini Palupi Magister Agribisnis Pascasarjana Universitas Islam Kadiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam pembelajaran dan praktek pemasaran hasil budidaya tanaman sayuran hidroponik pada mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran dan efektifitas pembelajaran dan praktik strategi bauran pemasaran pada mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran Hidroponik untuk meningkatkan minat wirausaha sayuran hidroponik siswa SMKN 1 Tulungagung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier.Sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Tulungagung yang mengambil mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran.Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan minat wirausaha dimasukkan dalam materi-materi pembelajaran siswa seperti yang ada dalam mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran, dimana didalamnya juga terdapat materi mengenai bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi 4P (Product, Price, Place, Promotion).variable proses pembelajaran bauran pemasaran yang dilakukan dikelas berpengaruh significan terhadap minat siswa berwirausaha dengan penjelasan bertambah sebesar 1 tingkatan , maka minat siswa melakukan wirausaha sayuran hidroponik juga bertambah sebesar 0.064 satuan. Sedangkan variable praktik pembelajaran bauran pemasaran yang dilakukan di lapang bertambah sebesar 1 tingkatan , maka minat siswa melakukan wirausaha sayuran hidroponik juga bertambah sebesar 0.36 satuan.

Published
2021-07-29
How to Cite
PALUPI, Dyah Rini. Efektifitas Pembelajaran Dan Praktik Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Wirausaha Sayur Hidroponik Siswa SMKN 1 Tulungagung Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 71-78, july 2021. ISSN 2715-9086. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/1867>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.32503/agribisnis.v21i2.1867.