STRATEGI PEMASARAN PADA PETERNAKAN PUYUH BAPAK EKA SEPDIAN DESA PLOSOREJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisa strategi pemasaran apa yang tepat bagi Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi pemasaran puyuh pada Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian. Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mnenguraikan faktor-faktor Kekuatan dan kelemahan perusahaan dan matriks EFE (External Factor Evaluation) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan, dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan di mana posisi perusahaan saat ini. Nilai skor dari matriks IFE adalah 2.307 dan nilai skor dari matriks EFE adalah 3.044, sehingga apabila masing – masing total skor dari faktor internal dan faktor eksternal dipetakan dalam matriks IE akan menempatkan Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian pada kuadran II termasuk kedalam tumbuh dan kembangkan (Growth and Build) dimana strategi yang paling sesuai digunakan pada posisi ini adalah strategi intensif atau integratif. Hasil matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi yang dapat dijalankan oleh Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian. Proses pengambilan keputusan dalam penentuan alternatif strategi terbaik dilakukan dengan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis QSPM dipilih prioritas strategi pemasaran yaitu Mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan menjaga kualitas produk, pelayanan kepada konsumen untuk memanfaatkan adanya pasar potensial.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
-
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
-
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
-
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
-
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen by Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Islam Kadiri, Indonesia is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.
Based on a work at https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi