TY - JOUR AU - Nurdianto, Ivan AU - Baehaki, Imam PY - 2020/12/23 TI - STRATEGI PEMASARAN PADA PETERNAKAN PUYUH BAPAK EKA SEPDIAN DESA PLOSOREJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR JF - REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen; Vol 9 No 2 (2020): REVITALISASI : Jurnal Ilmu ManajemenDO - 10.32503/revitalisasi.v9i2.1357 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan menganalisa strategi pemasaran apa yang tepat bagi Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi pemasaran puyuh pada Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian. Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mnenguraikan faktor-faktor Kekuatan dan kelemahan perusahaan dan matriks EFE (External Factor Evaluation) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan, dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan di mana posisi perusahaan saat ini. Nilai skor dari matriks IFE adalah 2.307 dan nilai skor dari matriks EFE adalah 3.044, sehingga apabila masing – masing total skor dari faktor internal dan faktor eksternal dipetakan dalam matriks IE akan menempatkan Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian pada kuadran II termasuk kedalam tumbuh dan kembangkan (Growth and Build) dimana strategi yang paling sesuai digunakan pada posisi ini adalah strategi intensif atau integratif. Hasil matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi yang dapat dijalankan oleh Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian. Proses pengambilan keputusan dalam penentuan alternatif strategi terbaik dilakukan dengan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis QSPM dipilih prioritas strategi pemasaran yaitu Mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan menjaga kualitas produk, pelayanan kepada konsumen untuk memanfaatkan adanya pasar potensial. UR - https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/1357