PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP RESIKO DALAM PROSES PENGIRIMAN BARANG KONSUMEN DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) MEDAN

  • Aisyah Aisyah Fakultas Hukum, Universitas Prima Indoensia
  • Johanes Gunawan Manalu Fakultas Hukum, Universitas Prima Indoensia

Abstract

Kiriman menggunakan PT. Pos Indonesia diadakan karena ada perjanjiannya PT. Pos Indonesia sama pihak yang melakukan pengiriman. Tanggung jawab hukum si pengirimnya dan PT. Pos Indonesia, mempunyai hak dan kewajiban. Penelitiannya ini bertujuan mengetahui proses perlindungan hukum konsumen terhadap resiko dalam proses pengiriman barang konsumen di PT. Pos Indonesia (persero) Medan. Kemudian mengetahui tanggung jawab hukum apabila salah satu pihak ada wanprestasi atau perbuatan melawan hukum. Pendekatan investigasi bersifat normatif dari segi hukum, karena asas hukum pertanggungjawaban antara PT. Pos Indonesia dengan pengirim. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian teknis. Penulis menggunakan jenis penelitian ini untuk menjelaskan kewajiban PT. Pos Indonesia secara jelas, rinci dan sistematis, sesuai ketentuan pasal 1320 KUHPerdata. Hubungan hukum timbul hak dan kewajiban antara kedua pihak diatur pasal 1338 KUHPerdata.

Published
2022-06-14
How to Cite
AISYAH, Aisyah; MANALU, Johanes Gunawan. PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP RESIKO DALAM PROSES PENGIRIMAN BARANG KONSUMEN DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) MEDAN. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 9-16, june 2022. ISSN 2657-2494. Available at: <https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Mizan/article/view/2330>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32503/mizan.v11i1.2330.